Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Sudah Mati atau Rusak

Keputusan untuk Memperbaiki Aki Kering Yang Sudah Mati atau Rusak atau Soak dengan cepat adalah keputusan yang tepat, mengingat fungsi dari aki ini sangat vital sekali untuk sepeda motor atau mobil, aki berfungsi sebagai pengatur pengapian, misalnya lampu utama dan lampu sein dan lainnya. Lampu utama sangat penting fungsinya, apalagi saat berkendara dimalam hari, lampu utama sangat dibutuhkan untuk menerangi jalan dan untuk keselamatan pengendara dan orang lain, selain itu aturan kepolisian yang mewajibkan pengendara motor untuk menghidupkan lampu utama disiang hari.

Memperbaiki Aki Kering

Saat ini orang sudah manyoritas menggunakan jenis aki kering (accu type kering) atau MF Battery (Maintenance Free), keunggulan aki jenis ini adalah bebas perawatan dan kita juga tidak perlu untuk mengisi air aki maupun zuur secara wajib dan berkala. Pemasangannya juga bebas kita letakkan dalam posisi apapun, mau miring atau posisi tegak tidak ada masalah dengan hal itu. Aki jenis ini lebih tahan lama jika kita bandingkan dengan aki basah karena aki jenis ini telah menggunakan saparator khusus dan grid tahan korosi. Pada kesempatan kali ini otoce.com akan share Cara Memperbaiki Aki Kering anda yang sudah mati, rusak, atau soak.

Penyebab Aki Kering Rusak

Sebenarnya ada beberapa penyebab aki kering rusak, yang perlu kita ketahui juga bahwa aki kering atau aki basah tetap harus kita perhatikan baik-baik untuk mendapatkan masa pakai yang tahan lama, motor dan mobil yang jarang dikendarai dan mesinnya jarang dihidupkan menjadi salah satu penyebab aki kering cepat drop yang disebabkan karena suply pengisian yang kurang, hal ini bisa membuat aki cepat rusak, ada baiknya jika anda jarang bepergian menggunakan kendaraan, anda tetap harus menghidupkan mesin kendaraan anda sekitar 15 menis per 2 harinya, hal ini dapat membuat masa pakai accu anda lebih awet, kebersihan aki juga harus anda perhatikan serta anda harus selalu memeriksa kondisi sekering (fuse). Baiklah berikut ini nanti Cara Memperbaiki Aki Kering yang Rusak atau Soak, namun sebelum kita praktek, anda harus memastikan terlebih dahulu kesiapan alat-alatnya, berikut ini alat-alat yang harus anda siapkan terlebih dahulu:

  • Air aki atau zuur, belilah zuur yang untuk mengisi aki baru bukan penambahan cairan aki, jika anda tidak faham, anda tanyakan dan pastikan ke penjualnya untuk membeli air aki yang untuk mengisi aki baru.
  • Obeng (-) yang nantinya akan kita gunakan sebagai alat pembuka cover bagian atas aki, dll
  • Suntikan tinta printer atau jarum suntik, ini nantik akan berguna untuk memasukkan air zuur kedalam box aki
  • Kain lap

Cara Memperbaiki Aki Kering

Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Rusak

  1. Setelah semua peralatan sudah siap, terlebih dahulu anda bersihkan aki kering yang rusak dari kotoran atau debu, anda bisa menggunakan air hangat.
  2. Buka penutup bagian atas aki dengan obeng minus, untuk membukanya anda buka secara paksa saja, namun tetap harus dilakukan dengan hati-hati.
  3. Setelah terbuka, disana ada tutup kecil dari karet bulat biasanya terdapat 3 buah atau bisa lebih tergatung aki besar atau kecil.
  4. Suntikkan air zuur menggunakan suntikan tadi pada setiap lubang yang ada, lakukan dengan teliti dan hati-hati, yang harus anda perhatikan jangan sampai mengisi sampai penuh bahkan tumpah, ukuran maksimalnya 1 cm di bawah lubang.
  5. Kalau sudah, tutup kembali lubang-lubang tersebut dengan benar, pastikan tutup benar-benar rapat.
    Tutup kembali penutup body tadi dengan posisi seperti semula, pastikan rapi dan rapat, anda bisa gunakan lem plastik (lem tembak).
  6. Lakukan CHARGER untuk pengisian tegangan, hubungkanlah ke motor atau mobil anda yang sudah bisa menyala (JUMPER), hal ini dimaksudkan agar aki mendapatkan tengangan inject awal sebagai starter. Atau anda bisa menggunakan trafo cas (Charger Transformator).
  7. Setelah aki memiliki muatan tegangan, pasang aki ke mobil atau motor anda, lakukan starter untuk nyakan mesin dan setelah mesin menyala biarkan terlebih dahulu pada posisi stationer (putaran langsam) selama sekitar 15 menit, hal ini dimaksudkan menyesuaikan tegangan mengisi aki dengan stabil.

Cukup mudah bukan Tips Memperbaiki Aki Kering yang Rusak kali ini? dan cukup jelas, jika anda sudah mengikuti langkah-langkah diatas namun aki kering anda tetap saja tidak baik atau tetap rusak, itu artinya sudah saatnya anda mengganti aki dengan yang baru. Namun biasanya dengan cara diatas tingkat keberhasilannya tinggi brosis. Selamat mencoba.

Demikian Tips Otomotif kali ini mengenai Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Sudah Mati atau Rusak yang bisa otoce.com share untuk anda, semoga bisa memberikan manfaat terutama untuk anda yang sedang bermasalah dengan aki kering motor atau mobil.

Posted in: Tips Otomotif

Leave a Comment