Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Yang Baru Belajar

Bagaimana Tips Cara Mengemudi Mobil Matic untuk yang ingin Belajar Mobil Matic? Saat mobil matic mulai menjadi trend, banyak yang ingin belajar menyetir mobil matic. Pertanyaannya adalah susahkah? apa berbeda jauh dengan menyetir mobil bertransisi manual? saya ingin mengatakan bahwa jika anda sudah jago menyetir mobil dengan transmisi manual, maka anda tidak akan mengalami banyak kesulitan dalam mengendarai mobil bertransmisi matic, karena sebenarnya perbedaannya tidak terlalu banyak di teknisnya untuk anda yang jago menyetir.

Cara Mengemudi Mobil Matic

Sebagai pengetahuan bahwa saat ini ada dua jenis mobil yang ada dipasaran dalam hal ini yaitu mobil bertransmisi manual dan yang satu lagi adalah mobil bertransimisi matic. Mobil manual maupun matic tentunya memiliki kemudi, namun yang membedakannya adalah pada pedalnya yaitu pada mobil manual memiliki 3 buah pedal antara lain pedal gas, rem, dan juga kopling. Nah untuk mobil bertransmisi otomatis (matic) ini hanya punya 2 pedal saja yaitu gas dan rem. Pada mobil matic ini kita sebagai pengendara tidak diharuskan untuk memindahkan gigi, karena gigi pada mobil ini akan berpindah secara otomatis brosis. Berikut ini akan kami share Cara Mengemudi Mobil Matic untuk anda yang masih mengalami kesulitas mengndarai mobil jenis ini.

Cara Mengemudi Mobil Matic

Untuk pemula atau yang baru berkenalan dengan mobil matic memang terkadang mengalami beberapa kendala, namun tenang saja, masalah tersebut bisa diatasi. Berikut Cara Mengemudi Mobil Matic

  1. Ambil posisi duduk yang nyaman buat anda, injak pedal rem, kemudian geser tuas transmisi ke posisi D untuk bergerak maju, sedangkan untuk mundur anda geser tuas transmisi ke posisi R.
  2. Lepas pedal rem dan nonaktifkan handrem/rem tangan secara bersamaan.
  3. Injak pedal gas secara perlahan karena jika mendadak atau terlalu dalam maka hal ini pengaruhnya bisa ke konsumsi bahan bakar brosis.
  4. Untuk jalan yang menanjak, geser tuas ke posisi L/1.
  5. Untuk parkir geser tuas yang pada posisi D ke posisi P, jika tuas transmisi tidak anda geser ke P maka kunci mobil anda tidak bisa dilepas.

Tips Mengemudi Mobil Matic

  1. Setelah mobil berjalan, anda fokus saja ke kemudia, rem serta gas, karena anda tidak akan menginjak kopling.
  2. Hafalkanlah posisi dan urutan pengganti tuas transmisi supaya anda lebih nyaman dan mudah dalam mengendarai mobil ini
  3. Anda harus membiasakan membebaskan kaki pada kopling untuk anda yang terbiasa mengendarai mobil manual
  4. Biasakan menginjak rem setiap kali akan mengganti transmisi, agar mobil tidak berjalan sendiri.
  5. Pada jalan yang naik, pindahkan transmisi ke posisi L, karena pada posisi tersebut gigi hanya akan berpindah dari gigi 1 dan 2 saja dan pada posisi ini juga bergunaka sebagai engine brake.
  6. Pahami fungsi tombol Hold. Yang merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan saat tuas berada pada posisi D.

Itulah tadi yang bisa kami share untuk anda, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang sedang belajar mobil matic. Sebagai info saja, saat ini sudah banyak sekali kursus menyetir yang bisa anda masuki sehingga anda akan lebih memahami cara mengemudi yang benar, dan untuk anda yang belum bisa sama sekali mengemudi agar bisa mengemudi. Demikian mengenai Tips Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Yang Baru Belajar kali ini.

Posted in: Tips Otomotif

Leave a Comment