Tips Cara Menghilangkan Karat di Motor Ampuh Bersih

Tips Cara Menghilangkan Karat di Motor Ampuh Bersih – Penyebab motor berkarat ini biasanya disebabkan oleh air hujan, atau bahkan si pengendara yang sangat jarang membersihkan motornya, maka sangat penting untuk kita menangani dan membersihkan motor kita secara benar agar motor tersebut tidak berkarat, karena lebih baik merawat daripada sudah berkarat yang ujungnya harus dilakukan penggantian pada part tersebut. Namun tenang dulu brosis, tidak semua yang sudah berkarat harus kita ganti, kita bisa mencoba untuk membersihkannya.

Cara Menghilangkan Karat di Motor

Sebelum kita share cara menghilangkan karat di motor, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian mana saja dimotor yang mudah berkarat.
1. Rangka Motor
Ya benar, rangka motor adalah salah satu bagian dari motor yang mudah berkarat, biasanya pada sambungan rangka yang ada di bagian dibawah dan sambungan pada swing arm, karena bagian ini biasanya kontak langsung dengan air hujan, maka yang harus anda lakukan setelah motor terkena air hujan anda bisa menyemprotkan air bersih pada bagian ini, hal tersebut untuk mengatisipasi karat yang disebabkan oleh air hujan dan kotoran yang bisa saja menempel saat hujan.

2. Knalpot
Bagian selanjutnya yang sering terjadi karat adalah knalpot, biasanya pada bagian leher kenalpot. Pada tips dibawah ini juga akan kami bahas untuk Cara Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot.

3. Rantai
Rantai motor ini menjadi rentan akan karat karena langsung kena saat air hujan membasahi motor. Sehingga anda harus benar-benar memperhatikan Cara Merawat Rantai Motor yang Efektif Agar Awet dengan selalu memeriksa kondisi pin pada rantai, selalu bersihkan kotoran pada rantai, kencangkan AS roda belakang, dan potong rantai jika diperlukan, dan yang terakhir gunakanlah produk rantai yang asli. Lalukan pencegahan dengan melumuri rantai dengan oli untuk mencegah dari karat.

4. Mono Shock
Mono Shock menjadi salah satu bagian sepeda motor yang rentan berkarat karena berdekatan dengan ban, bagian ini akan kecipratan air hujan dan kotoran dari ban. Makanya anda harus langsung membersihkan bagian ini setelah motor terkena air hujan. Dan cara terbaik untuk Cara Menghilangkan Karat di Motor yaitu melakukan Cara Mencegah Karat di Motor dengan selalu membersihkan atau mencuci motor secara rutin.

5. Velg Roda
Velg motor jari-jari yang berbahan besi ini menjadi bagian yang sering berkarat juga, selalu bersihkan bagian ini.

6. Swing Arm
Kemudian bagian yang terakhir adalah Swing Arm, lakukan pencegahan dengan melumuri bagian ini dengan oli apalagi saat musim hujan.

Cara Menghilangkan Karat di Motor

Setelah mengetahui bagian-bagian mana saja pada sepeda motor yang rentan terhadap karat diatas, maka kali ini kami akan share Cara Menghilangkan Karat di Motor. Untuk menmbuang karat pada motor kesayangan kita, kita membutuhkan cairan penghilang karat, cairan tersebut bernama WD40 Soft drink. WD40 Soft drink Cairan penghilang karat ini tidaklah sulit untuk kita dapatkan, anda bisa langsung mendatangi bengkel tersedekat di kota anda, atau toko onderdil, biasanya mereka menjual produk ini. Setelah WD40 Soft drink sudah kita dapat, selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Langkah pertama bukalah tutup WD40, kemudian silahkan arahkan bagian lubang spray/semprotnya tepat ke garis biru yang ada pada kaleng. Hal tersebut dimaksudkan agar selang pada lubang bisa lurus, dan proses penyemprotan bisa maksimal dan tidak tesendat-sendat, selang dibagian dalam tidak menekuk.

WD40 Soft drink

2. Selanjutnya kalau sudah dipastikan bagian lubang spraynya lurus dengan garis biru, kocok terlebih dahulu isi dari WD40 tersebut lebih kurang 30 detik hingga 1 menitan.

3. Selanjutnya semprotkan secara perlahan pada bagian motor yang berkarat, laplah dengan kain baiknya kain kaos. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukanlah setidaknya 3 kali, atau hingga karat benar-benar hilang pada bagian motor tersebut.

Itulah tadi Cara Menghilangkan Karat di Motor yang dapat anda lakukan, dan ada salah satu cara lagi yang sempat membuat saya kaget hehe, apa bisa ya? yaitu menggunakan minyak kayu putih, caranya tidak jauh berbeda dengan cara oleskan pada bagian yang berkarat dan lap pada kain, namun hal ini harus dilakukan secara berulang hingga karat benar-benar hilang.

Selanjutnya Cara Menghilangkan Karat di Motor yaitu pada bagian knalpot, untuk Cara Menghilangkan Karat Pada Leher Knalpot selain cara yang sudah share, anda bisa juga menggunakan Stempet brosis. Dengan cara nyalakan mesin motor sekitar 10 menittan agar knalpot panas terlebih dahulu, semakin panas knalpot semakin bagus. Kalau sudah panas, oleskan stempet tadi kebagian yang bagian berkarat, nah knalpot akan mengeluarkan asap tentunya karena dioleskan stempet ke knalpot yang panas. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan karat bandel diknalpot tersebut.

Demikianlah Tips dan Cara Menghilangkan Karat di Motor yang dapat OTOCE share pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Posted in: Tips Otomotif

Leave a Comment